Saat berwisata ke sebuah pulau biasanya kita akan disuguhkan dengan pemandangan laut biru, pantai yang indah, dan kehidupan biota bawah laut yang mempesona,

akan tetapi lain ceritanya jika mengunjungi Pulau Galang yang ada di Batam ini. Di Pulau Galang terdapat sebuah tempat yang menyimpan sejuta kisah memilukan yang membuat para pengunjungnya seolah ikut merasakan penderitaan yang dialami para penghuni terdahulu pulau ini. Tempat tersebut bernama Kampung Vietnam.
kampung vietnam pulau galang, sejarah pulau galang kampung vietnam di batam

Selain kesan angker yang sering di ekspose oleh media televisi ternyata Kampung Vietnam di Batam ini juga menyimpan banyak sekali sejarah. Mengunjungi pulau ini akan menjadi wisata sejarah yang mengingatkan kita betapa kejamnya tentara komunis Vietnam sampai-sampai warga negaranya sendiri harus melarikan diri jauh ke seberang Laut Cina Selatan.
Camp pengungsian ini menampung sekitar 250.000 pengungsi dari Vietnam yang terpaksa harus lari dari negaranya karena kejamnya perang yang terjadi. Sebagian dari mereka sampai ke Pulau Natuna, Tanjung Pinang, Pulau Galang dan beberapa pulau lain di wilayah Kepulauan Riau. PBB via UNHCR lalu mengamanatkan kepada Indonesia untuk menjadikan Pulau Galang sebagai tempat penampungan para pengungsi perang dari Vietnam ini. Pada masa itu Pulau Galang masih kosong tak berpenghuni. Kemudian didirikanlah camp pengungsian lengkap dengan berbagai fasilitas seperti barak-barak, rumah sakit, tempat ibadah, sekolah bahkan penjara.
Banyak sekali kisah tragis dan memilukan yang menimpa para pengungsi di kampung vietnam Pulau Galang. Mereka yang menjadi korban kekejaman perang ini melarikan diri dari negaranya dengan menggunakan kapal-kapal kayu yang menampung 40-100 orang.
Bayangkan saja sebuah kapal kayu kecil yang penuh sesak dengan manusia mencoba mengarungi ganasnya Laut Cina Selatan!
Menarik sekali bisa berkunjung ke Kampung Vietnam di Pulau Galang ini. Bagi kamu para pecinta wisata sejarah, maka Kampung Vietnam menjadi salah satu tempat pariwisata di Batam yang harus kamu kunjungi. Suasana yang ditawarkan tempat ini sangat berbeda dari tempat wisata pada umumnya. Kamu seolah berkunjung ke sebuah perkampungan Vietnam tempo dulu seperti yang sering ditayangkan di film Rambo.
Di dekat pintu masuk camp kita akan menemui sebuah patung yang di beri nama Humanity Statue atau patung kemanusiaan. Patung ini didirikan untuk mengenang kisah tragis dan memilukan seorang perempuan bernama Tinhn Han Loai yang mati bunuh diri. Patung Kemanusiaan Tinhn Han Loai di Kampung Vietnam, Humaniti Statue Pulau Glang, Patung Kemanusiaan Pulau Galang, Patung Tinhn Han Loai
Beberapa bangunan di Kampung Vietnam memang memiliki cerita tersendiri yang sering memberikan kesan seram dan angker. Patung Tinhn Han Loai ini adalah salah satunya.
Perahu inilah yang mereka gunakan untuk mengarungi Laut Cina Selatan hingga sampai di Pulau Galang. Ukurannya memang tidak terlalu besar, tapi pada saat itu mampu menampung hingga 100 orang.
Perahu ini dulu sempat di tenggelamkan oleh para pengungsi sebagai bentuk protes terhadap pemerintah Indonesia pada saat mereka akan di pulangkan. Namun saat ini telah di angkat dan di renovasi sebagai salah satu monumen bersejarah di Pulau Galang.
Vihara Quan Am tu adalah salah satu tempat peribadatan yang didirikan di kampung vietnam. Sebenarnya masih ada tempat peribadatan lainnya seperti Gereja Katolik Nha Tho Duc Me Vo Nhiem, Gereja Protestan, dan Mushola.
Di Kampung Vietnam Pulau Galang ini kamu akan melihat bangunan rumah sakit dan juga penjara. Penjara ini dulunya digunakan untuk menahan para pengungsi yang melakukan tindak kejahatan seperti mencuri, memperkosa bahkan membunuh.
Konon kedua tempat ini adalah bangunan yang angker dan penuh misteri di Kampung Vietnam. Memang suasana di tempat ini sangat sunyi dan mencekam. Hati-hati kesurupan kalau kamu main-main ke sini.
Akses Menuju Kampung Vietnam Pulau Galang
Lokasi Kampung Vietnam ini terletak tidak terlalu jauh dari Kota Batam sekitar 50-60 Km. Perjalanan darat memakan waktu sekitar 1,5 jam via Jembatan Barelang.
Tips Berkunjung Ke Kampung Vietnam Pulau Galang
Sebaiknya berkunjung pada pagi atau siang hari, karena suasana menjelang sore di tempat ini lumayan bikin bergidik.
Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup, karena di sini belum ada restoran.
Jika kamu adalah traveler dari luar Batam, sebaiknya sudah reservasi penginapan di pusat kota karena di sini tidak ada hotel. Kalau berani kemah disini nggak apa-apa sih.
Jangan lupa berdoa sebelum masuk ke tempat ini.

sumber: wisatalova.com

Add comment


Security code
Refresh

Latest News

Most Read

  • Minggu

  • Bulan

  • Semua