Indonesia, sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, semakin mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam penggunaan teknologi digital. Data terbaru yang diterbitkan oleh Datareportal.com pada laporan “Digital 2023 Indonesia” menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat secara signifikan, dan diperkirakan akan terus berkembang hingga mencapai 215 juta pengguna pada tahun 2023.

Sejak diperpanjangnya sistem pembelajaran jarak jauh oleh pemerintah kota Palembang, dengan dikeluarkannya Surat Edaran nomor 1198 /DISDIK/2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Pelajaran 2020/2021 di masa Pandemi corona virus disease (Covid-19), oleh Dinas Pendidikan Kota Palembang, maka beban orang tua dan guru juga menjadi semakin panjang. Bagaimana tidak sistem pembelajaran online atau sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi tugas yang cukup rumit dan kompleks bagi orang tua juga guru jika dilaksanakan dalam jangka panjang.

Sejak diberlakukannya belajar dari rumah oleh Dinas Pendidikan Kota Palembang, disebabkan oleh adanya pandemi covid-19. Maka semua sekolah diliburkan, dan proses belajar mengajar anak-anak dilakukan secara jarak jauh. Guru melakukan tugasnya dari rumah dan muridnya juga belajar dari rumah. Walaupun sebenarnya, proses belajar mengajar hanya sekedar memberikan tugas dan selanjutnya yang menjadi guru adalah orang tua di rumah.